Republik Turki

16 August 2018 143x Berita

Beranda » Berita » Republik Turki

Republik Turki

Halaman Aya Sopia Turki

Dunia Muslim  : Republik Turki

Republik Turki adalah negara terbesar kedua di Eropa setelah Rusia. Sebelah utara berbatasan Laut Hitam dan Georgia. Sebelah timur berbatasan dengan Armenia dan Iran. Sebelah selatan berbatasan dengan Irak, Suriah dan Laut Mediterania. Sebelah barat berbatasan dengan Siprus, Laut Aegea, Yunani dan Bulgaria.

Laut Marmara adalah jalur air yang memisahkan Asia dan Eropa dari dua selat: Dardanelles dan Bosphorus. Bagian Eropa dari Turki disebut Thrace.

Sisi Asia yang dikenal sebagai Anatolia adalah dataran tinggi yang dibatasi oleh pegunungan Puntos di utara dan pegunungan Taurus di selatan. Ke timur membentang Gunung Arafah yang masuk jajaran pegunungan Kaukasus. Pegunungannya berupa dataran pesisir yang sempit di timur laut dan selatan. Pegunungan ini bebas dari pepohonan. Pegunungan rendah di wilayah tengah.

Kondisi iklim bervariasi sesuai dengan lokasi geografis. Cuaca moderat di pantai utara, hangat di pantai Aegea dan Mediterania. Sedangkan sejuk kering di pedalaman.

Luas wilayah Republik Turki adalah 780.563 km2, 97% diantaranya berada di Asia dan sisanya di Eropa.

Ibukota Turki adalah Ankara dan kota terpentingnya adalah Istanbul, Izmir, Adana dan Lira Turki.

Populasi Republik Turki pada tahun 2013 adalah sekitar 77 juta orang, hingga Agustus 2018 ini meningkat menjadi 80 juta orang.

Populasi muslim mencapai 99,8%. Orang-orang terdiri dari banyak etnis dan ras, seperti orang Kurdi, Arab, Sirkasia, Bulgaria, Bosniac, Armenia dan Yunani. Bahasa resminya adalah bahasa Turki dan ditulis dalam karakter Latin sejak tahun 1928.

Perekonomian Turki adalah gabungan antara industri modern dan perdagangan di samping pertanian dan kerajinan tradisional.

Di antara sumber daya alam yang paling penting adalah antimon, batubara, kromium, bauksit, merkuri, tembaga, bijih besi, borat dan belerang. Turki juga memiliki basis industri yang kuat dalam industri tekstil dan pengolahan makanan.

Produksi kapas merupakan salah satu produk utama sektor tekstil. Komunikasi dan pariwisata merupakan sektor dengan pertumbuhan tercepat. Turki menghasilkan berbagai jenis tanaman pertanian karena keragaman lahan dan iklimnya yang subur.

Ekspor utama Turki adalah produk tekstil, pakaian, makanan, besi dan logam. Impor adalah mesin, peralatan transportasi, bahan bakar, logam dan makanan.

Antara tahun 2004 dan 2014, produk domestik bruto meningkat sebesar 105% mencapai US $ 800 miliar. Tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata GDP riil adalah 4,2%. Bagian hutang publik turun dari 74% PDB menjadi 5,33% dari PDB. Defisit anggaran domestik turun dari 10% PDB menjadi 0,8% dari PDB.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.